HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hama yang Banyak Menyerang Tanaman Bayam


Ada berbagai Hama dan Penyakit adalah organisme pengganggu tanaman yang menjadi salah satu faktor ponyebab rusaknya pertumbuhan dan produksi tanaman. Bahkan, dapat menyebabkan kematian bagi tanaman sehingga menimbulkan kerugian yang besar bagi petani. Pemberantasan hama dan penyakit secara kimiawi pada pertanaman bayam diusahakan untuk ditindaklanjuti karena dapat meracuni hasil panen. Oleh karena itu, pemberian pestisida harus dihentikan kira-kira 20 hari sebelum panen (tergantung jenis pestisida yang dipakai) untuk menghindari efek residu pestisida terkonsumsi oleh manusia pada tanaman bayam.

Secara umum hama yang terdapat di areal pertanaman bayam hanya sedikit, baik pada bayam petik maupun bayam cabut. Walaupun sedikit, tetapi hama dapat menyerangtanaman mulai dari fase persemaian, pertumbuhan, sampai fasepanen. Berbagai hama penting bagi tanaman bayamya itu ulat daun, ulat penggulung daun, belalang, kutu dator, dan bekicot siput.
*Baca juga Daftar Beberapa Hama yang Biasa Menyerang Buah Naga, Berhati-hatilah!!

1. Ulat Daun
Tanda-tanda serangan pada daun berupa lubang lubang bekas gigitan pada bagian tengah dan tepi daun. Bila serangan berat maka hanya tersisa tulang daun-daun saja. Penyebab tanda-tanda tersebut adalah ulat daun.Ulat ini berwarna hijau seperti daun sehingga sulit diamati. Panjang ulat kira-kira 1-2 cm. Kelompok telurnya berbentuk lonjong atau bulat, berwarna putih, dan terbungkus bulu-bulu tipis. Pemberantasan ulat daun dilakukan dengan cara memotong daun yang terserang ulat. Bila serangan hebat, dapat digunakan insektisida sesuai anjuran pakai.

2. Ulat Penggulung Daun (Hymenia recurvalis [Fabricus])
Tanda-tanda serangan adalah daun berlubang dan menggulung. Tanda-tanda tersebut disebabkan oleh ulat penggulung daun yang biasanya terdapat dalam gulungan daun tertutup oleh semacam jaringan tipis, ulatnya berwarna hijau cerah. Ngengatnya berwarna cokelat abu-abu gelap. Cara pengendaliannya dapat dilakukan seperti berikut secara manual dengan membuang daun yang terserang. Secara biologi yaitu dengan menggunakan musuh alami yang berasal dan ordo Hymenoptera dan jenisTrathalaflavoorbitalis (Cameron) yang menyerang pada stadia larva ulat penggulung daun.

3. Belalang (Sexava spp)
Tanda-tanda serangan pada daun yang masih muda terlihat bekas gigitan di bagian tepi daun dan serangannya hampir menyerupai serangan oleh ulat daun. Penyebab serangan adalah belalang (sexava spp.) yang banyak dijumpai hampir di semua areal pertanian. Hama ini disebut juga belalang daun karena warnasayapnya hijau menyerupai warna daun. Oleh karenanya, belalang sulit diamati bila telah hinggap di daun. Cara menangani hama belalang ini sangatlah mudah, dengan cara mekanik belalang dapat dikurangi. Caranya dengan menggoyangkan daun bayam kekiri dan kekanan dengan ujung sapulidi agar belalang beterbangan.

4. Kutu Daun (Myzuspersicae)
Tanda-tanda pertama yang disebabkan oleh hama ini adalah mengisap cairan daun yang menyebabkan daun bayam melengkung dan berpilin. Bila serangan sudah berat maka daun akan rontok, pertumbuhan tanaman lambat dan kerdi. Yang menjadi penyebab adalah kutu daun yang menyerang tanaman pada saat musim kemarau. Hama ini menusuk daun dengan moncongnya, kemudian mengisap cairan daun. Serangan semakin ganas jika panas matahari semakin terik. Pengendalian hama kutu daun dilakukan secara mekanik dengan mencabut dan membakartanaman yang terserang kutu daun. Jika serangan hebat, bisa disemprot dengan pestisida sesuai dosis anjuran.
*Info harga Plastik UV bisa Anda cek DISINI 

5. Bekicot/siput
Cara menyerang hama ini adalah dengan cara memakan benih di pesemaian sehingga tanaman tidak tumbuh pada daun, batang, dan akar bayam terlihat bekas gigitan berupa lubang-lubang. Hal ini akan menurunkan kualitas hasil panen. Pada areal sekitar tanaman yang terserang terdapat kotoran hama yang berwarna hitam. Pengendalian bekicot/siput sebagai berikut: Secara mekanik dengan mencari bekicot/siput dan membunuhnya. Pengendalian dengan menggunakan perangkap dari tempurung kelapa berpintu. Di dalamnya diletakkan umpan berupa makanan beracun, yaitu campuran antara 1 kg dedak basah dengan 50 gr metaldehyde.Untuk 1 ha, dibutuhkan 50-60 kg, bekicot siput akan berdatangan masuk kedalam tempurung kelapa untuk memakan umpan. Akhimya hama tersebut akan mati dan terkumpul dalam perangkap tersebut, perangkap ini akan lebih efektif bila dipasang pada malam hari agar tidak termakan oleh binatang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama yang Banyak Menyerang Tanaman Bayam"

Posting Komentar