HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hama & Penyakit yang Menyerang Tanaman Adenium/Kamboja

Tanaman Adenium atau juga sering disebut dengan sebutan Kamboja Jepang. Namun, nama lain sebutan tersebut sebetulnya dapat menyesatkan pengertiannya, sebab bisa diidentikkan atau dimaksud artikan dengan kamboja-kamboja yang umumnya banyak dijumpai pada area pemakaman.

1) Hama Aphid

Aphid ini termasuk suatu hama yang berwujud kutu yang memiliki warna kuning, hama aphid pada umumnya hidup secara berkelompok dengan jumlah yang banyak. Hama ini suka menggangu tanaman Adenium, dengan cara menyerangnya yakni memakan serta menghisap beberapa cairan sel pada daun yang muda.

Ciri daun yang sudah terkena serangan hama aphid ialah daun berubah keriting, menjadi hitam, serta akan mengering. Aphid gemar bersembunyi di balik pucuk tanaman adenium, tepatnya pada bagian bawah daun serta di bagian tangkai bunga.

Untuk penanganan hama aphid ini bisa dikerjakan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida demiter, tahap penyemprotan pestisida tersebut dikerjakan pada sisi yang terkena serangan saja serta cukup dikerjakan dalam kurun waktu 1 minggu sekali, dengan lama sekitar 3 minggu.

BACA JUGA 

Hama & Penyakit Pada Tanaman Sayur Kangkung

Hama & Penyakit Yang Biasanya Terjadi Pada Tanaman Kacang Tanah

Macam - Macam Hama Pada Tanaman Hidroponik

Ayo Lebih Mengenal Kegunaan Fungisida


2) Hama Red Spider

Red Spider merupakan suatu hama yang sering menyerang bagian tanaman dari Adenium. Hama ini gemar bersembunyi di bawah permukaan daun muda, guna menghisap suatu cairan pada daunnya. Daun yang terkena serangan hama ini bakal berubah warna menjadi kusam serta mengerut, hama ini sering melancarkan serangan ketika musim kemarau.

Untuk cara penanganannya bisa dikerjakan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida yang bahannya ialah hasil campuran dari Curacron, Kelthane, ataupun Omite. Dosis untuk pestisida yang dipakai bisa diberikan sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan pestisida.

3) Hama Thrips

Thrips ialah semacam hama kutu yang memiliki warna hitam yang dapat bergerak amat cepat. Hama trips sering menyerang di bagian bunga yang belum saatnya mekar, maka bunga akan gagal mekar lalu mengering.

Serangan trips bisa dicegah dan ditangani dengan cara menyemprotkan cairan insektisida Agrimex, Pegasus, serta juga Confidor pada bagian yang terkena serangan.

4) Hama Fungus Gnat

Fungus Gnat sering dikenal juga dengan nama lalat hitam, hama ini memiliki ukuran amat kecil. Fungus Gnat akan menyerang dibagian bunga Adenium yang masih belum mekar dengan sempurna. Akibat dari serangan hama ini adalah akan menimbulkan suatu bintik-bintik hitam dibagian yang telah diserang tadi. Hama ini bisa mengakibatkan kuncup bunga berubah jadi busuk. Dan juga, larva fungus gnat bisa sewaktu-waktu merusak akar serta bagian batang pada tanaman Adenium.

Untuk penanganan hama fungus gnat bisa Anda kerjakan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida berjenis Benlate ataupun juga bisa Dithane. Sementara untuk dosisnya, gunakanlah sesuai dengan anjuran pada kemasan.

5) Hama Cacing

Jenis untuk cacing yang gemar menyerang Adenium ini sering merusak bagian akar, ketika cacing akan membuat suatu sarang. Tanaman yang terkena serangan cacing ini akan akan merusak akar, jadi bakal susah guna menyerap unsur hara. Hama ini umumnya ada pada media tanam yang terlalu sering diberikan pupuk seperti pupuk kandang.

Untuk penanganannya bisa dengan mamakai Furadan ataupun Nematisida Dazomet sebanyak 98%. Serta kalau dengan dosis, bisa diberikan sesuai ketentuan yang sudah dianjurkan pada label kemasan produk.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama & Penyakit yang Menyerang Tanaman Adenium/Kamboja"

Posting Komentar