HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mulailah Waspada! Berikut Hama yang Biasa Menyerang Pada Tanaman Okra


Buah tanaman Okra atau yang biasa dikenal kacang arab ini sebenarnya diduga berasal dari Asia Tenggara, konon katanya sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tanaman ini tersebar di berbagai wilayah tropik dan subtropik seperti negara India, Afrika Barat dan Brasil, walaupun pada akhirnya lebih terkenal  di negara-negara Eropa dan Australia. Tidak terlalu dikenal nyata nama sayur ini di daerah lainnya dikarenakan masih banyak dari kita yang masih belum mengetahui manfaat serta kegunaan tanaman sayur Okra tersebut. Sejauh ini tanaman sayur Okra hanya diambil buah mudanya yang berbentuk silindris meruncing untuk dijadikan sayuran. Bahkan di negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah Okra sangat diminati dan sangat populer.

Sekilas bentuk buahnya seperti jari-jari lentik penari Thailand sehingga tidak berlebihan jika orang Amerika menyebutnya dengan “Lady’s Finger” atau jari perempuan dikarenakan buahnya yang berbentuk silindris berujung runcing layakny ajari wanita bangsawan. Tanaman Okra aslinya sudah sangat lama dibudidayakan di negara Indonesia, bahkan sudah sejak ratusan tahun lamanya. Tapi, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu sayur okra, jangankan mencoba untuk menikmatinya dalam bentuk olahan sayur. Padahal kandungan gizi buah okra sangat tinggi. Berikut kandungan yang terdapat dalam sebuah okra.

*Baca juga Simak Tuntas! 10 Tanaman Mujarab Biasa Untuk Ramuan Obat

KANDUNGAN :

- Kadar Air 70-80%
- Protein 3.90%
- Lemak 2.05%
- Kalium 6.68%
- Phospor 0.77%
- Karbohidrat 1.4%
- Kalori 39.97kal/100g

Buah Okra memang memiliki banyak cairan berbentuk lendir, maka dari itu buah okra kurang cocok atau sesuai untuk sayuran yang ditambahi air seperti sayuran semata sayur sop. Di Indonesia buah okra sering dijadikan oseng-oseng dikarenakan tekstur daging buah okra yang banyak mengandung air sehingga terasa lebih nikmat jika dihidangkan dalam bentuk olahan oseng-oseng. Selain itu biasanya juga ditumis, atau dijadikan campuran sambal cabe goreng. Biji dari buah okra yang sudah tua bisa dijadikan sebagai bahan industry untuk mengahsilkan minyak dan protein karena okra mempunyai kandungan protein dan minyak dengan kualitas terbaik. Kandungan gizi yang dimiliki oleh buah okra pun sangat tinggi sehingga buah Okra masuk pada jenis tanaman genus Hibiscus dari famili Malva ceaeatau kapas-kapasan. Memiliki Batang dengan warna hijau kemerahan, tinggi batang tanaman yang subur bisa mencapai 1,5 sampai 2 meter.




Tanaman sayur okra merupakan tanaman yang mudah ditanam di daerah tropis dan subtropis seperti India, Jepang, Philipinadan Indonesia. Tanaman okra memang tidak memiliki kriteria khusus untuk tumbuh, namun untuk memperoleh hasil yang optimal, perlu diperhatikan pula faktortanah, iklim, dan pemeliharaannya. Selain itu juga harus diperhatikan berbagai macam jenis hama yang seketika dapat menyerangtanaman okra sehingga dapat menimbulkan kerugian terhadap petani yang mencoba untuk berbudidaya tanaman okra.

Penanganan Hama serta penyakit tanaman Okra tidak jauh berbeda dengan tanaman lain pada umumnya. Tanaman okra sangat mudah terserang penyakit pada bagian daun. Jika daun tanaman okra mulai mengalami bercak-bercak kuning dan sedikit mulai layu, maka haruss egera di lakukan penanganan serius dan mulai melakukan pemberantasan hamau ntuk mencegah hama dan penyakit menular ketempat lain dimana tanaman yang masih sehat. Untuk melakukan penanganan hama dan penyakit tanaman okra, maka pertama kali harus di ketahui jenis hama dan penyakit yang menyerang.

*Jangan lewatkan 1001 Manfaat Serai Untuk Obat Tradisional

Berikut beberapa jenis hama tanaman okra yang wajib diketahui oleh petani. Hama dan penyakit tanaman okra banyak macamnya. Seluruhnya memiliki dampak yang sangat buruk terhadap pertumbuhan dan hasil panen. Jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman okra antara lain adalah:

1. Belalang
2. UlatDaun
3. Antraknosa
4. Bercakdaun
5. Busukbuah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mulailah Waspada! Berikut Hama yang Biasa Menyerang Pada Tanaman Okra"

Posting Komentar