HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Kopi


Indonesia merupakan negara terbesar ke empat sebagai penghasil biji kopi di dunia. Wow keren kan…. Nah sudah barang tentu kita semua mengenal tanaman kopi. Kopi adalah minuman yang paling banyak diminati ketiga setelah air dan the di dunia ini. Sehingga permintaan biji kopi terus meningkat sehingga banyak negara selain indonesia yang berlomba-lomba untuk memproduksi si biji hitam tersebut. Jumlah yang di hasilkan juga tidak bisa disepelekan karena bisa sampai jutaan bahkan milyaran kilogram biji kopi pertahunnya.

Di negara kita Indonesia meminum secangkir kopi memang sudah menjadi budaya tersendiri. Sehingga tidak wajar jika banyak pemuda yang duduk santai sambil ngopi di warung-warung kopi setiap harinya bersama teman-temannya. Bersamaan itu juga banyak bilik serta warung yang menyediakan tempat ngopi baik kopi dari dalam maupun luar negeri.

# Baca juga Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Vanili

Nah apakah kamu juga termasuk pecinta kopi? Kalau begitu tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mengenal tanaman kopi. Tanaman kopi sangat rentan sekali terhadap berbagai macam jenis hama serta penyakit. Tidak terkecuali jika petani kopi abai dalam melakukan perawatan dan pengendalian terhadap hama tersebut. Sehingga tanaman kopi akan rusak dan hasil produksinya juga terbatas karena terganggu oleh hama dan penyakit tersebut.

Tidak hanya hama dan penyakit yang dapat mengganggu produktifitas tanaman kopi namun masih ada penyakit lain yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang buah, daun, batang serta pekarangan disekitar tanaman kopi.
Banyak jenis hama tanaman kopi namun ada beberapa yang memang paling dibenci oleh petani kopi dikarenakan sering menyerang tanaman kopi dan menimbulkan kebusukan, bunga menjadi rontok, dan buah muda berguguran. Jika hal tersebut terlambat ditangani maka dapat dipastikan petani akan mengalami gagal panen sehingga mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Dibawah ini beberapa macam penyakit juga hama yang sering menyerang tanaman kopi beserta cara mengatasinya dengan cepat, akurat, dan tepat.

Pertama: Hama Bubuk Buah
Hama ini terkadang di sebabkan karena kumbang kecil yang menyerang buah tanaman kopi baik buah kopi yang masih muda maupun buah kopi yang sudah matang. Untuk pengendaliannya bisa dengan cara mengumpulkan buah atau memotong batang buah yang banyak terserang untuk kemudian segara kita musnahkan dengan cara membakar agar tidak menular ke bauh yang ada dibatang yang masih sehat.

Cara lain untuk mengendalikan penyakit bubuk buah ini, petani biasanya menggunakan jenis pestisida berupa dimecron 50 cw. tamaron, argothion dengan dosis juga cara pemakaian akan lebih baik jika mengikuti aturan pakai yang sudah tertera di kemasan.

Kedua: Hama Bubuk Cabang Batang
Hama penyakit ini hanya menyerang bagian batang tanaman kopi. Terkadang akan menyerang pada bagian ranting yang masih kecil yang baru memiliki diameter 3 cm serta bagian pucuk tanaman kopi yang masih muda. Apabila hama ini sudah menyerang, maka tanda serta gejala yang akan tampak pada tanaman kopi, daun kopi menjadi rontok, daun berubah warna menjadi kuning, batang tanaman menjadi kering. Cara  mengatasi hal tersebut, kita bisa melakukannya dengan menyemprotkan pestisida secara rutin sampai hama tersebut benar-benar hilang dari tanaman kopi.

Ketiga selain penyakit yang biasa menyerang buah dan batang namun ada juga penyakit yang menyerang daun tanaman kopi seperti Penyakit kerat Daun. Hama penyakit ini biasanya selain disebabkan oleh adanya cendawan yang dapat kita lihat dengan adanya bercak merah serta bintik-bintik pada bagian daun tanaman kopi tersebut. Tanda lainnya dengan adanya daun yang menguning di bagian bawah permukaan daun, kemudian gugur.

# Jangan lewatkan Tips Mengatasi Hama Pada Tanaman Jagung

Biasanya tanda-tanda jika tanaman kopi terserang penyakit ini mudah sekali untuk dikenali dan sangat banyak diantaranya bagian cabang muda tanaman kopi kering, warna buah kopi berubah menjadi hitam, kering dan kopi terlihat lebih pucat sehingga akan menurunkan nilai jual yang bisa jauh berbeda dengan harga pada umumnya.

Penanganan pertama yang bisa dilakuan untuk menangani penyakit kerat daun pada tanaman kopi anda bisa menggunakan pestisida dengan merek Fungisidaditane dengan dosis penyemprotan 2 gram yang digabung kedalam dua liter air atau bisa juga mengikuti petunjuk pemakaian di luar wadah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Kopi"

Posting Komentar