HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Waspada! 3 Hama Kecil Ini, Bisa Berdampak Besar Bagi Tanaman Jahe!

Jahe atau sering disebut dengan bahasa latin yakni Zingiber Officinale termasuk salah satu tumbuhan rimpang yang amat terkenal guna dipakai untuk rempah-rempah serta pula guna bahan baku obat. Untuk bagian rimpangnya yang bentuknya jemari yang seperti menggembung di bagian ruas-ruas tengah.

Berikut 5 hama yang suka menyerang tanaman jahe, yakni antara lain :

1. Lalat Rimpang

Hama lalat ini bisa merusak tanaman jahe dengan gejala serangan yang beebentuk kerusakan pada bagian rimpang jahe berubah jadi keriput, busuk serta keropos.

Penanganannya : Segera kerjakan perendaman bibit memakai air panas sekitar 50 derajat celcius, sekitar 10 menit saja, ataupun dengan cairan insektisida botani semisal ekstrak mimba sebanyak 2,5% serta ekstrak bungkil jarak sebanyak 2,5%. Dapat pula dikerjakan penyemprotan dengan cairan diklorfos, interval selama 3 minggu. Ataupun juga bisa dengan karbofuran sebanyak 20-30kg/ha pada ketika masa tanam.


2. Kutu Perisai

Kutu yang bernama latin Aspidiella hartii ini, termasuk jenis hama yang bisa merusak kulit rimpang menjadi sedikit kusam sebab bagian rimpang di hisap serta juga kering.

Penanganan : Segera kerjakan langkah fumigasi bibit dengan metil bromida maupun dengan aluminium fosfida. Dapat pula merendam bibit dengan air panas sekitar 50 derajat celcius serius 10 menit, insektisida karbosulfan sekitar 2 ml, ataupun insektisida botani semisal ekstrak mimba sebanyak 2,5% serta juga ekstrak bungkil jarak sebanyak 2,5%.

BACA JUGA

Terbukti Ampuh! Cara Penanganan Ini, Sukses Bikin 3 Hama Pada Tanaman Srikaya Hilang!
Begini Cara Ampuh Mengatasi Hama Pada Tanaman Vanili
Budidaya Kedelai, Waspadai 4 Hama Berikut!
Hama & Penyakit Pada Tanaman Kakao dan Cara Mengatasinya

3. Kumbang Kepik

Gejala serangannya ialah pada tanaman jahe akan mempunyai daun yang terdapat berlubang bahkan juga dapat tinggal bagian tulang daunnya saja, kalau penyerangan kepik itu telah parah. Penyebab utama hal tersebut ialah bernama Kumbang Epilachna spp. Kumbang jenis dewasanya mempunyai bentuk oval, dan panjangnya sekitar 6-8 mm, berwarna variasi dari warna kemerahan hingga cokelat agak kekuningan. Kepik betina akan menaruh telurnya pada bagian bawah permukaan si daun.

Setiap bagian ekor bisa sampai meletakkan telurnya kedalam 12 kelompok sekaligus, masing-masing dari kelompok sekitar 22-25 butir. Untuk larvanya warnanya kuning pucat serta ditutupi bulu lembut ketika ditetaskan dari si telur. Sesudah menetas si larva akan langsung melahap bagian daun. Hama kepik mempunyai tumbuhan inang seperti mentimun, jagung, kubis, kacang-kacangan, padi, dan juga tumbuhan lain dari kumpulan keluarga Solanaceae.

Penanganan : Segera kerjakan pengendalian dengan cara menyemprotkan cairan Dimecron 50 SCW serta Thiodan 36 EC berdosis yang sesuai dengan petunjuk anjuran pada bagian kemasan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! 3 Hama Kecil Ini, Bisa Berdampak Besar Bagi Tanaman Jahe!"

Posting Komentar