HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

3 Hama Penyakit Dalam Budidaya Jahe Merah

ukuran polybag paling kecil,ukuran polybag tanaman,ukuran polybag untuk cabe,ukuran polybag untuk cabe rawit,ukuran polybag untuk jahe,ukuran polybag untuk jahe merah,ukuran polybag untuk menanam cabe,ukuran polybag untuk menanam jahe,ukuran polybag untuk pembibitan sawit,ukuran polybag untuk sayuran,ukuran polybag untuk tanaman cabe,ukuran polybag untuk tomat

Hama dan penyakit akan selalu muncul saat kita sedang melakukan budidaya tanaman. Tak jarang kemunculan hama dan penyakit itu suka tiba-tiba dan jika tidak segera diatasi bisa menurunkan produksi hasil budidaya.

Tak terkecuali dalam membudidayakan tanaman jahe merah, ada tiga penyakit yang umumnya ditemui saat proses pembiakan dilakukan. Ketiga penyakit tersebut adalah :

1). Penyakit Bercak Daun.

Penyakit bercak daun dapat menular dengan bantuan angin, bibit penyakit akan masuk melalui luka pada daun jahe. Gejala umum yang timbul adalahbercak berukuran 3-5 mm pada daun jahe, lama-kelamaan berwarna abu-abudan di tengahnya terdapat bintik-bintik berwarna hitam. Bagian pinggir daun jahe biasanya akan membusuk dan basah. Akibat fatal yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah kematian tanaman.

Baca Juga :

Beginilah Cara Mengatasi Hama Buah Rambutan
Mengenal Tentang Herbisida
Apa Yang Dimaksud Dengan Insektisida ?
Berikut Macam - Macam Pestisida

2). Penyakit Layu Bakteri.

Penyakit layu bakteri adalah pada awalnya daun bagian bawah terlihat menggulung, kemudian daun berubah warna menjadi kuning dan lama-kelamaan mengering. Kemudian tunas batang menjadi busuk dan akhirnya tanaman bisa mati. Bila diperhatikan, rimpang yang sakit itu akan berwarna gelap dans edikit membusuk, kalau rimpang dipotong akan keluar lendir berwarna putih susu sampai kecoklatan. Penyakit ini menjangkiti tumbuhan jahe pada usia 3-4 bulan dan yang paling berpengaruh adalah faktor temperatur udara yang dingin, genangan air, dan kondisi tanah yang terlalu lembab.

3. Penyakit Busuk Rimpang.

Penyakit busuk rimpang dapat masuk ke bibit rimpang jahe melalui luka. Penyakit ini akan menyerang pada suhu 20-25 °C. Gejala penyakit busuk rimpang adalah daun jahe bagian bawah berubah warnanya menjadi kuning, kemudian layu dan akhirnya tanaman mati.
Setelah kita mengetahui penyakit yang biasa menyerang tanaman jahe merah maka selanjutnya adalah mengatasi penyakit tersebut. Caranya adalah tanamlah bibit jahe merah yang sehat, lakukan penerapan pola tanam yang baik dan gunakan fungisida atau obat-obatan organic untuk mencegah dan membasmi penyakit tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Hama Penyakit Dalam Budidaya Jahe Merah"

Posting Komentar