HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Memelihara & Mengendalikan Hama Penyakit Ubi Jalar

Ada beberapa hal yang penting di perhatikan dalam pemeliharaan tanaman Ubi Jalar, yaitu :

Penyulaman dan Pengairan

Penyulaman di lakukan apabila ada bibit tanaman ubi jalar yang mati. Penyulaman harus secepatnya di lakukan agar pertumbuhan tanaman sisipan tidak tertinggal jauh dari tanaman ubi jalar sebelumnya. sampai umur satu bulan, tanaman ubi jalar masih bisa di sulamkan. Untuk penyulaman sebaiknya mempergunakan bibit yang sudah berakar.

Pengairan tanaman dapat di lakukan pada ubi jalar yang di tanam di sawah dan di kerjakan setelah bibit di tanam. Kadang-kadang bibit tanaman yang di genangi air terus menerus selama satu minggu akan lebih cepat tumbuh.
Pembongkaran sementara
 
Tidak jarang setelah tanaman berumur 1 bulan bagian tepi pematang di bongkar sampai terlihat akarnya. Hal itu biasanya di lakukanpada ubi jalar yang di tanam di sawah. setelah di biarkan terkena panas dan angin selama 10 hari akar-akar yang terlihat di timbun kembali dan guludan di normalkan kembali. Dengan di bongkar dan di biarkan terkena panas, tanah menjadi masak, sehingga marangsang akar untukk mempercepat pembentukan umbi.

Baca Juga :

Beginilah Cara Mengatasi Hama Buah Rambutan
Mengenal Tentang Herbisida
Apa Yang Dimaksud Dengan Insektisida ?
Berikut Macam - Macam Pestisida

Pembalikan batang dan pupuk

Pembalikan dan pengangkatan batang di lakukan tiap tiga minggu sekali. Bila batang ubi jalar di biarkan menjalar  di tanah, maka akan segera tumbuh akar-akar dan membentuk umbi-umbi kecil yang otomatis akan mengurangi cadangan makanan bagi umbi  besar yang ada di guludan.

Unsur-unsur yang di perlukan tanaman ubi jalar adalah N dan K. Unsur P sedikit sekali di butuhkan. Pemupukan N di berikan dalam bentuk ZA dan Urea. Sedangkan pupuk K di berikan dalam bentuk ZK dan KCL. Pupuk P diberikan dalam bentuk TSP. 

Dosis pemupukan dapat di berikan 100-130 kg urea di tambah 100-120 kg ZK dan 45 kg TSP atau 18 Kg  P per hektar. Pupuk TSP di berikan pada waktu tanam. Pupuk N dan K di berikan pada waktu tanaman berumur 3 minggu.Cara pemberian pupuk dengan memasukannya ke dalam parit yang di buat sejauh 7 cm dari pusat guludan dengan kedalaman 5-10 cm kemudian di tutup kembali dengan tanah.

Pengendalian hama dan Penyakit  

Hama

Hama yang sering menyerang tanamann ubi jalar adalah hama boleng, ulat keket, babi hutan, belalang dan tikus. Dapat di kendalikan dengan menggunakan insektisida.

Penyakit

Penyakit yang sering menyerang adalah busuk hitam, virus dan visiologis. Pengendaliannya dapat di lakukan dengan menggunakan fungisida atau bakterisida.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memelihara & Mengendalikan Hama Penyakit Ubi Jalar"

Posting Komentar