HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hama Apa yang Bisa Menyerang Pada Tanaman Zodia??


Ada hubungan spesial antara serangga herbivora dengan tumbuhan. Interaksi ini adalah hasil koevolusi di antara kedua spesies sehingga terbentuk interaksi yang sangat  kuat diantara keduanya. Interaksi tanaman  dengan serangga, bagi tanaman mempunyai dua efek yaitu menguntungkan dan merugikan. Efek interaksi yang menguntungkan bagi tanaman ialah serangga mampu membantu penyerbukan dan penyebaran biji. Sedangkan efek yang merugikan ialah serangga menjadi hama dan vektor penyakit bagi tanaman.

Ada banyak serangga yang datang  terhadap sebuah tanaman. Serangga tersebut disebut sebagai serangga pengunjung. Namun serangga tersebut ada yang menguntung dan ada pula yang merugikan. Serangga pengunjung yang menguntungkan ialah sebagai pollinator.

*Baca juga Cara Jitu Pengendalian Hama Pada Tanaman Wortel

Serangga pollinator tertarik pada suatu bunga dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain morphologi bunga  yaitu ukuran, warna, dan sifat bunga, kandungan nektar, dan waktu. Selain dari ciri tersebut serangga akan menbisa signal khusus dari tanaman yang dikunjunginya dengan senyawa metabolit sekunder yang dilepaskan oleh tanaman tersebut seperti pada tanaman Dianthus sp. yang mengeluarkan methyl eugenol yang menarik ngengat untuk mendatangi tanaman tersebut.

Sedangkan pada tanaman bunga Protea dan Niger melepaskan senyawa benzene yang menarik serangga dan burung untuk mendatangi bunga tersebut untuk  membantu penyerbukan sebuah tanaman.

Selain serangga yang menguntungkan seperti diatas ada pula serangga pengunjung yang berpotensi membuat kerugian bagi tanaman yaitu sebagai hama yang akan memakan bagian bagian tubuh tanaman dan atau juga sebagai vector penyakit. Kunjungan serangga sebagai hama dan vector penyakit seperti yang terjadi pada tanaman pisang yang dikunjungi oleh ngengat R. solanacearum yang membawa bakteri Ralstonia solanacearum sebagai vector penyakit darah bakteri pada pisang.

Kutu putih, sebagai vector virus virgate Piper Yellow Mottle Virus dan Aphis gossypii, serangga vector Cucumo Mottle Virus. Kedua virus ini yang menyebabkan kerdil pada tanaman lada. Kedua jenis kutu putih diketahui sebagai serangga yang polifag dan vektor yang sangat efisien. Sedangkan pada tanaman sengon yang dikunjungi oleh Lepidoptera dari Famili Heliozelidae mengandung spora cendawan Uromycladium tepperianum penyebab penyakit karat puru.

Tanaman zodia adalah salah satu tanaman yang menghasilkan produk metabolit sekunder yang untuk sebagian serangga adalah repellent atau penolak untuk kehadiran serangga tetapi untuk serangga yang lainnya menjadi attractant atau sebagai penarik serangga untuk mendatangi tanaman tersebut.

Tanaman zodia adalah tanaman dikotil dengan perkembangbiak secara seksual maupun aseksual. Perkembangbiakan secara seksual dengan menghasilkan bunga. Tanaman ini didalam penyerbukan yang terjadi di bunga perlu dibantu oleh serangga maupun angin. Masa penyerbukan bunga adalah kunci penting bagi perkembanganbiakan tanaman. Serangga akan tertarik datang ke bunga suatu tanaman jika bunga tanaman tersebut banyak mengandung nectar. Agar kita berhasil dalam berbudidaya tanaman zodiac kita harus bisa mengeathui cara budidaya yang tepat  dan mengetahui berbagai serangga yang menjadi hama dan merugikan tanaman Zodia.

*Jangan lewatkan Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Cabai (Cabe)

Serangga hama yang ditemukan ialah meal bug atau kutu putih. Kutu putih ini dijumpai pada pucuk, daun muda dan buah yang masih muda, tetapi tidak semua bagian Pohon yang muda diserang.  Kutu putih juga bersimbiosis mutualisme dengan semut Solenosis sp. Semut membisakan makanan berupa cairan embun madu yang dihasilkan oleh kutu putih, sedangkan kutu putih memberi keuntungan aman dari predator dan juga membantu penyebarannya.

Kutu putih adalah hama bagi banyak tanaman buah-buahan seperti pisang jambu, jeruk dan sebagainya.
Hama kutu putih ini menyerang hanya sementara saja. Setelah pucuk, daun muda dan bunga yang sudah mulai menua  kutu putih berangsur-angsur hilang. Tidak berpindah pada daun, bunga dan pucuk batang yang lebih muda yang berada di atasnya sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan para pecinta tanaman zodia ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama Apa yang Bisa Menyerang Pada Tanaman Zodia?? "

Posting Komentar