HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Tepat Memusnakan Hama Tanaman Hidroponik


Hama tanaman memang telah menjadi masalah utama tumbuhan. Masalah hama tanaman ini juga bisa terjadi pada tanaman hidroponik. Hama tanaman hidroponik ini tentu membuat anda rugi. Kualitas tanaman yang dihasilkan juga menurun. Anda akan sering menemui tanaman yang cacat dan layu. Bahkan ada juga tanaman yang tidak tumbuh sebab terserang hama tersebut. Hama tanaman itu sendiri ada beragam jenisnya.

Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Supaya masalah hama tanaman tidak semakin memperburuk keadaannya. Anda harus segera mengatasinya. Atasi masalah hama tanaman tersebut dengan tepat dan benar. Anda juga harus dapat mencegahnya datang kembali. Tiap - tiap jenis hama tanaman tersebut mempunyai cara pengendalian tersendiri. Buat anda yang mau mengenali apa saja hama tumbuhan hidroponik tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, anda bisa membaca ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :


Hama tanaman hidroponik
Berikut ini merupakan beberapa hama tanaman hidroponik dan cara mengatasinya selengkapnya untuk anda.

Ulat
Hama tanaman yang satu ini begitu populer di kalangan petani khususnya. Ulat menjadi musuh bebuyutan para petani. Ternamanya ulat ini memang tak usah untuk diragukan lagi. Ada banyak macam hama ulat, salah satunya yaitu ulat grayak atau spodoptera litura yang sering kali menyerang tanaman cabe. Ulat jenis ini bisa memakan daun sampai benar - benar habis dalam waktu yang singkat. Hal ini tentu saja membuat kemampuan fotosintetis dari tanaman cabe menjadi terganggu. Dengan begitu, perkembangan tumbuhan cabe menjadi sangat terhambat.

Tungau
Tungau seringkali bersembunyi di balik daun tanaman. Hama tungau ini menjangkiti tumbuhan dengan cara menghisap cairan - cairan daun yang ada di dalam jaringan mesofil sampai jaringan tersebut rusak. Hal ini akan membuat klorofil daun menjadi rusak sehingga menghambat proses fotosintesis tanaman.

Thrips
Hama thrips ini menyerang daun tanaman khususnya daun mudanya. Hama ini merupakan musuh berbahaya bagi tanaman, terutama tanaman cabe. Daun yang terjangkiti hama ini akan menjadi keriting dan menggulung ke atas yang lama - kelamaan akan membuat mati tanaman. Serangan hama ini juga bisa mengakibatkan bunga kering dan rontok.

Semut
Semut adalah hama utama di pertanian. Hama ini bisa merusak tanaman dan menghambat pertumbuhannya. Bila tidak segera diatasi, akan dapat menyebabkan gagal panen.

Pengendalian hama tanaman hidroponik
Setelah anda mengetahui apa saja hama hidroponik, kini anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan maha tersebut, berikut penjelasanya.

Ulat
Tumbuhan yang telah terjangkiti hama ulat ini diwarnai dengan daunnya yang berlubang - lubang. Pemberantasannya yaitu dengan cara mengamati semua tanaman hidroponik yang terserang dan bunuh semua ulat yang ditemukan pada tanaman tersebut. Dapat juga dengan menyemprotnya dengan Malathion.

Tungau
Tanaman yang terserang tungau tiba - tiba akan layu dan daunnya juga berguguran. Muncul bintik - bintik kuning di permukaan daun yang lama - kelamaan melebar dan berubah menjadi kecokelatan hingga akhirnya akan menghitam. Daun jadi keriting dan menggulung kearah bawah serta menjadi tebal. Bagian bawah daun menjadi berwarna seperti tembaga dan juga terdapat benang - benang putih halus. Pemberantasannya yaitu dengan cara membersihkan semua kumpulan - kumpulan tungau, semprot dengan malathion.

Thrips
Hama thrips bisa menyebabkan timbulnya bercak -bercak pada daun, melepuh, dan juga mudah rontok. Pemberantasan sekaligus pencegahannya yaitu dengan cara membersihkan tanaman memakai air hangat. Anda semprot tanaman tepat pada bagian yang terserang pemakaian Malathion sekali dalam seminggu selama dua minggu.

Semut
Tanaman yang terserang hama semut, daunnya akan berubah kuning. Tanaman akan tumbuh tak normal, mudah layu, dan daunnya gugur. Pemberantasannya yaitu dengan cara membersihkan tanaman memakai air hangat atau air sabun. Anda juga dapat menyemprotnya dengan malathion.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Memusnakan Hama Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar