HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO HAMA & PENYAKIT TANAMAN
PLASTIK PERTANIAN & PERKEBUNAN
Melayani kebutuhan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hama Dan Penyakit Yang Perlu Diwaspadai Pada Tanaman Tomat


Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli dari negara Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tomat adalah tumbuhan siklus hidup singkat, bisa tumbuh setinggi 1 sampai 3 m. Tumbuhan ini mempunyai buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang umumnya digunakan sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat mempunyai batang dan daun yang tak bisa dikonsumsi sebab masih sekeluarga dengan kentang dan terung yang memiliki kandungan Alkaloid.

Saat melakukan budidaya tomat pasti akan ada kendala - kendala yang dihadapi misalnya tanaman tomat yang kita tanam terserang oleh ham dan penyakit. Mungkin beberapa dari kalian belum tahu betul mengenai jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman tomat kalian dan cara mengendalikannya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang artikel hama penyakit tanaman tomat dan cara mengendalikannya.

Hama tanaman tomat

Ulat buah
Ulat buah bisa mengakibatkan buah pada tumbuhan tomat berlubang - lubang . Selain itu bagian dari bunga dan daunnya diganggu oleh ulat bulu. Ulat buah yang menyerang buah tomat mempunyai ukuran sekitar 4 - 5 cm , buah tomat yang terkena terinfeksi hama ini akan mengalami kebusukan yang tidak merata. Penanggulangan hama ini dapat dilakukan dengan teknik mengambil ulat tersebut lalu dibakar, dan apabila sudah dalam bentuk ngengat bisa dilakukan dengan memakai sinar ultraviolet atau melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis atau anjuran yang telah ditentukan.

Ulat tanah
Serangan hama ini bisa ditandai dengan terpotongnya tanaman pada bagian daerah pangkal batang yang bisa menyebabkan tanaman menjadi mati dan rusak. Penanggulangan hama ini dapat dilakukan dengan melakukan sebuah pengolahan kebun atau lahan selain itu juga dapat dengan melakukan pemberian obat dengan insektisida sesuai dengan dosisnya.

Lalat buah
Hama ini memiliki ukuran sekitar 8 mm denga warna yang tubuh hijau kehitaman dan mempunyai sayap tranparan. Sedangkan saat belatung muda berwarna putih dan kekuningan bila menjelang dewasa pada daging tomat. Tomat yang terserang hama ini bisa mengalami pembusukan dan terdapat belatung - belatung didalamnya. Penanggulangan  hama ini dapat dilakukan dengan teknik melakukan sanitasi lahan dengan cara yang baik dan benar, membuat sebuah perangkap, namun jika sudah terlanjur terserang bisa melakukan pemetikan tomat kemudian membakarnya supaya tidak menyebar pada buah yang lainnya.

Lalat pengorok daun
Tanaman tomat yang terkena serserang ini bisa di tandai dengan adanya kerusakan pada bagian daun, daun tidak beraturan, memiliki bintik hitam dan juga bekas gigitan pada ujung daun selanjutnya daun tersebut akan mati dan kering. Pengendalian hama ini bisa dilakukukan dengan cara melakukan pemangkasan daun yang terserang atau dapat juga dengan melakukan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosisnya.

Penyakit tanaman tomat

Penyakit busuk daun
Tumbuhan tomat yang terjangkiti penyakit ini diwarnai dengan adanya sebuah bintik hitam atau coklat yang tidak berbentuk pada daun dan kemudian daun tersebut akan mengering dan mati. Pengendalian penyakit ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi kelembaban pada area lahan tanam, dengan cara melakukan pemangkasan pada bagian tanaman tomat yang terserang, atau juga dengan melakukan penyemprotan fungisida yang sesuai dengan dosisnya.

Penyakit rebah kecambah
Gangguan penyakit ini diwarnai dengan sebuah rusaknya pada bagian batang menjadi berair, tumbuhan layu, dan juga pada bagian terjangkiti akan mudah mati . Pengendalian penyakit ini bisa dilakukan dengan melakukan sebuah sanitasi lahan , memangkas pada bagian yang terserang dan juga dengan melakukan sebuah penyemprotan fungisida sesuai dengan dosisnya.

Layu fusarium
Tumbuhan tomat yang terkena penyakit ini akan memiliki daun yang layu dan pada bagian kesemuanya layu. Sehingga akan berakibat kematian pada tanaman. Cara menanggulangi penyakit ini bisa dilakukan dengan melakukan sanitasi lahan tanam atau juga dengan melakukan penyemprotan fungisia secara teratur.

Sekian ulasan dari kami mengenai cara membasmi hama bunga kamboja semoga artikel diatas dapat berguna dikemudian hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hama Dan Penyakit Yang Perlu Diwaspadai Pada Tanaman Tomat"

Posting Komentar